Apa Perbedaan Programmer dan Developer ?


Apa Perbedaan Programmer dan Developer ?
Programmer dan  developer adalah satu dari pekerjaan yang paling hangat dibahas pada dunia IT. Tetapi banyak orang masih menduga bahwa programmer serta developer artinya pekerjaan yang mempunyai strata yg sama. Hmm, benarkah? Inilah perbedaan programmer dan  developer.

Programmer

Programmer artinya seseorang yg mampu menyelesaikan persoalan dengan memakai bahasa pemrograman. Mereka memiliki banyak kemampuan terdiri dari berbagai level, mereka handal dalam menulis kode, mengerti prosedur pemecahan  serta acapkali bekerja sendiri.

Seorang programmer menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman dan  handal dalam menggunakannya. Programmer umumnya lulusan dari Universitas jurusan ilmu komputer atau informatika. Terdapat pula programmer yg bukan asal Universitas, seperti pelajar SMK pada bidang informatika, atau orang yang belajar otodidak dari buku, internet, kursus, bootcamp dan  sebagainya.

Developer

Developer ialah seseorang programmer yang telah terlatih, mereka tidak hanya menuntaskan duduk perkara, tetapi jua membangun suatu produk. Mereka melakukannya sinkron dengan prinsip-prinsip desain serta implementasi rekayasa aplikasi, termasuk hal-hal seperti kinerja, maintainability, skalabilitas, ketahanan, serta idealnya keamanan diikutkan jua.

Developer pula bisa dikatakan sebagai seseorang yg dapat menggunakan banyak sistem dan  bahasa pemrograman yang berbeda serta membuatnya terhubung satu sama lain. Developer adalah seorang yg profesional, bisa bekerja menggunakan orang lain, serta punya kemampuan berkomunikasi yg baik.

Developer memiliki pengalaman yg cukup buat merampungkan persoalan yg telah pernah ia selesaikan sebelumnya serta memahami mana metode yg berhasil dan  mana yg tidak. Developer umumnya mendeskripsikan tujuan, serta mereka merancang perangkat lunak yg akan diambil. Developer memiliki lebih banyak kebebasan karena mereka memiliki pengalaman yg lebih dalam.

Programmer jua mampu diklaim coder, sedangkan developer jua mampu disebut software engineer. Lebih sederhana, programmer bisa dikatakan seseorang penyelesai persoalan dan  Developer mampu dikatakan seorang yang tak hanya merampungkan persoalan namun punya kinerja yang terstruktur dan  disiplin.

Jadi sekarang kalian tau apa perbedaan Programmer dan Developer ?

Jadi disparitas antara programmer dan developer yg paling fundamental adalah strata derajatnya. Developer lebih banyak membutuhkan waktu, tenaga, dan  pengalaman dibanding programmer. Sedangkan programmer dapat meningkatkan kecepatan penyelesaian problem menggunakan jumlah saat yg lebih singkat, tetapi mereka tidak akan hingga ke titik dimana mereka akan melakukan hal yg sama.

Kalo kalian, programmer atau developer?


Referensi:
hanselman.Com
chrislema.Com/programmer-developer-engineer/
danielmiessler.Com/study/programmer_hacker_developer/
https://www.codepolitan.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SECURITY ATTACK MODELS

Pemrograman Paling Popular Tahun 2016